Kumpulan Tutorial networking , Trik dan Tips

Monday 7 November 2016

IP Address & Subneting Penerapan pada jaringan komputer (Part 3)

IP Address & Subneting Penerapan pada jaringan komputer (Part 3) - Hallo my friends,, This post is entitled IP Address & Subneting Penerapan pada jaringan komputer (Part 3), All of the content is aim for reader satisfaction. Hopefully all the posts will be easy to understand and likeable.


Pengertian Subnetting
Subnet adalah sekelompok host(bisa berupa komputer, switch atau Network Device lain) pada satu segmen jaringan yang sama yang berbagi IP jaringan yang sama. Jaringan LAN bisa hanya mempunyai satu IP address jaringan tunggal, atau bisa saja jaringan yang memiliki banyak segmen jaringan dimana masing-masing segmen jaringan tersebut mempunyai address jaringan tersendiri.

Subnetbisa juga diartikan sebagai pembagian satu address jaringan tunggal menjadi banyak addressjaringan, segmen jaringan atau banyak subnet

Ilustrasi Subnetting
Misalnya suatu komplek perumahan yang jumlah bangunan rumahnya sekitar 1000 rumah. Nomer rumahnya ada dari nomer 1 sampai 1000, tetapi letak bangunan rumah tidak di tata (tidak dibuat blok-blok atau cluster-cluster). Maka akan sulit sekali mengaturnya dan sulit menemukan nomer rumah yang ingin dicari.

Bandingkan jika komplek perumahan tersebut di bagi menjadi 10 blok/cluster, masing-masing blok/cluster terdiri dari 100 rumah. Maka akan lebih mudah mengaturnya dan tidak sulit menemukan nomer rumah yang ingin dicari.

Jadi Subnetting dalam pengaturan IP Address diibaratkan sama dengan pembentukan Blok/Cluster rumah di suatu komplek perumahan  seperti ilustrasi diatas.

Manfaat Subnetting
Kenapa harus dibagi menjadi subnet-subnet atau segmen-segmen?

Coba bayangkan misalnya pada gambar dibawah ini, satu company mempunyai jaringan 4 cabang dengan menggunakan IP Address Class B yang bisa memuat ribuan host IP address sampai 65 ribuan pada satu segment jaringan tunggal.

Bagaimana anda akan memaintainnya?Akan sangat susah sekali memeliharanya dan juga administrasinya. Sementara arsitektur jaringan fisik terbatas pada jumlah host yang bisa dimuat dalam satu jaringan fisik.



Ok, That's all about IP Address & Subneting Penerapan pada jaringan komputer (Part 3) Thank you for visiting, and have a nice day

IP Address & Subneting Penerapan pada jaringan komputer (Part 3)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : IP Address & Subneting Penerapan pada jaringan komputer (Part 3)

0 komentar: